Hits

7 Jun 2012

Form laporan keuangan Jasa UKM tanpa debet kredit

Penyusunan laporan keuangan memerlukan pengetahuan teknik pembukuan dalam akuntansi, diantaranya perlu memahami debet dan kredit. Bagi pengusaha kecil tentu memerlukan sumberdaya, waktu dan energi extra untuk mempelajarinya.

Saya coba membuat form tersebut tanpa pengguna memerlukan pengetahuan akan debet dan kredit. Saya dedikasikan form ini teruntuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Semoga bermanfaat dan matching dengan kegiatan usaha jasa yang berlangsung pada UKM.

Dengan form ini kita dapat menyusun laporan laba rugi dan neraca dengan beberapa input, tapi sebelumnya setting dulu bagan akun yang digunakan dalam sheet akun:
setting akun jasa UKM











  • input 1 jurnal harian kas
mencatat pada jurnal harian kas









  • input 2 buku piutang
mencatat transaksi piutang








  • input 3 buku hutang dan sewa
mencatat transaksi hutang dan sewa kontrak lokasi








  • input 4 rinci assets

mencatat rincian assets









Form berikut dapat didownload secara gratis. Kami sertakan file contoh pengisiannya, dan hindari menggunakan perintah Cut dan Paste karena berakibat fatal yakni rusaknya link terkait otomatis untuk jadi laporan keuangan.

link office 2003 ver 1.0                      disini
link office office 2007/2010 ver 1.0   disini


Update:
Saya telah merilis revisi form laporan keuangan jasa UKM ver 2.0. Dengan versi ini telah mengalami perubahan yang signifikan, sehingga diharapkan penghitungan pembebanan sewa dan penyusutan asset menjadi lebih akurat.

Bagi pengguna office 2007 dan 2010 dapat mendownload  disini

Sedangkan bagi pengguna office 2003 masih dapat mempergunakan form tersebut, tapi memerlukan file format converter dari microsoft. Anda dapat membaca dan mendownloadnya  disini

Tentunya form ini memerlukan pengembangan lebih lanjut, kami menerima saran dan masukannya

Laporan laba rugi UKM jasa
Bentuk Laporan keuangan

neraca keuangan jasa UKM


Terimakasih telah membaca artikel  Form laporan keuangan Jasa UKM tanpa debet kredit