Hits

11 Des 2012

Yang muda yang nggak bakalan tua

semangat pak tua
Pernahkah anda melihat bapak tua berumur sekitar 70-an menjajakan rambutan di pom bensin. Beliau menawarkan tiga ikat rambutan yang terlihat mulai layu tanpa sepatah kata-pun, hanya bermodalkan tatapan matanya dan sodoran tangannya yang renta memperlihatkan dagangan.

Barangkali anda juga pernah melihat manusia-manusia seumur pak tua penjual rambutan berjalan menuju pasar untuk melakukan kegiatan yang sama. Bahkan bisa jadi dagangannya lebih banyak dan lebih berat yang harus dibawa berjalan bersamanya.

Usia produktif terasa menjadi lebih panjang pada negara berkembang atau bisa dikatakan miskin, maka saat umur sudah senja-pun masih melakukan kegiatan pemenuhan kebutuhan hidup. Potret kehidupan ini merupakan bagian dari album foto besar  negara yang telah merdeka lebih dari 60 tahun ini.

pak tua penjual kelontongibu tuaTentunya buat apa mereka yang tua berjualan jika anak-anaknya atau saudaranya sudah mampu, mapan dan sejahtera. Dengan rata-rata pendapatan per kapita yang masih kecil, tingkat inflasi dan pemerataan pendapatan yang timpang menjadikan  lingkungan terdekat rata-rata senasib dengannya dalam hal kesejahteraan.

Siapa yang harus peduli ?

Kepedulian menjadi jembatan antara mereka yang kaya dengan yang miskin, beruntung dengan yang tidak beruntung dan memupuk kasih sayang dari yang muda kepada yang sudah tua.

Sudahkan kepedulian menjadi budaya ? dibangkitkan melalui pendidikan, penanaman dan dibiasakan dalam keseharian. Jangan lupa, juga dicontohkan melalui perilaku para pemegang amanah negara.

Tanggung jawab pemuda diharapkan dapat mengubah menjadi lebih baik, karena memiliki usia dan asumsi produktivitas tinggi dan investasi berharga masa depan

Bagaimana jika yang muda sudah tidak peduli ?. Terjebak dengan nafsu mudanya yang tidak terkendali.

yang muda hura hura dugemAda yang berkutat dengan tawuran ... dengan resiko mati muda.

Ada yang berada di dunia halusinasi melalui kubangan narkoba. Narkoba menjadi obat awet muda yang mujarab, tidak akan merasakan menjadi tua karena resiko mati muda.

Ada ... dan ... ada lagi ...

Semoga ada yang masih sholeh, memanfaatkan masa emas di usia mudanya ...