Blogger Link

16 Jun 2014

Update bios lenovo G405s

Pengolahan database untuk pelaporan pajak atas penghasilan sejumlah karyawan dengan menggunakan excell, ternyata berdampak pada lemotnya proses input pada my MSI (laptop gamer kebanggan yang dibeli 3 tahun lalu). Alhasil pekerjaan lumayan terhambat. Maka diputuskanlah
Lenovo G405S
Lenovo G405S
untuk mengistirahatkan my MSI.

Maka dimulailah pencarian di berbagai forum dan situs vendor untuk mendapatkan informasi laptop mana yang mumpuni dan pas dikantong (cukup sesuai dengan pinjamannya, hehehehe). Kalau sekedar pengolahan spreadsheet barangkali tinggal pilih laptop yang ber-prosesor "terkini" dan memori yang lebih memadai. Tapi rasanya sayang, sekalian saja yang memiliki olah grafis lebih baik sekalian bisa jajal games keluaran anyar.

Setelah gutak gitek di dunia maya, dan membaca artikel di jagatreview.com,  maka mantaplah untuk memilih lapGames ini Lenovo G405s dengan spesifikasi prosessor AMD A8 5550M, memori 4GB, hardisk 500GB, dibekali grafis AMD Radeon 8555G + 8570M, dan menariknya suara sudah terpasang dolby advanced audio.

Berangkatlah berpetualang ke mangga dua merasakan teriknya jakarta. Dan akhirnya, jadi juga terbeli laptop ini walau dengan harga lebih mahal akibat depresiasi nilai rupiah, saat itu12 ribuan per dolarnya, sehingga harganya lebih dari 5 juta. Sebenarnya jika rupiah dalam keadaan 9 ribuan laptop ini bisa di bawa pulang dengan harga dibawah 5 juta.

Akhirnya pengetesan laptop untuk pekerjaan database excell dilakukan, dan ternyata performanya cukup saja (kayanya cukup bersabar dengan si lawas my MSI) alias belum perlu ganti. Karena ternyata dengan menonaktifkan fitur automatic workbook calculation pada excell kita bisa mengurangi waktu tunggu pada pengolahan database. Dan tragisnya pengetesan kemampuan grafis dengan memainkan games battlefield 3 dan farcry 3 walaupun dengan setting low alias mentok pojok kiri hanya menghasilkan frame rata dibawah 30 alias lag (ngga smooth / patah-patah). Kecewa lah .... kayanya ngga perlu ngutang, hiks hiks.

Akhirnya nemu forum di kaskus yang banyak membahas tentang laptop yang sebenarnya lumayan asyik ini. Salah satu solusinya adalah dengan mengupdate bios ini. Asyiknya update bios sekarang ngga seribet PC zaman dulu yang kudu under dos. Update bios sekarang bisa dilakukan saat kita menjalankan sistem operasi windows. Asalkan saat dilakukan update bios, kondisi batere laptop ok atau sedang charging. Dan juga pastikan file bios yang didownload dari vendor sesuai dengan tipe laptop dan sistem operasinya. 
hasil Fps Far cry 3 pada Lenovo G405S
Fps games far cry 3 dengan setting low

Jreeengg, setelah itu bisa memainkan farcry 3 dan battlefield 3 dengan fps lebih dari 30. Lumayan
bisa memainkan assasin creed black flag dengan fps kudu sabar. Ya ... kalau mau lebih nikmat carilah laptop dengan spesifikasi diatasnya atau rakitlah CPU dengan budget 5 jt tersebut.

Kalau sobat telah memiliki laptop tipe ini, lakukan segera update bios. Maka performanya nambah maknyos.




Tambahan:
Depresisi adalah melemahnya nilai tukar mata uang dibandingkan mata uang asing akibat perdagangan / kegiatan ekonomi. Jika melemahnya nilai mata uang akibat kebijakan pemerintah disebut devaluasi. 




4 komentar

Zulham Efendi 16 Juni 2014 19.06

butuh keahlian khusus untuk bisa melakukan update perangkat seperti yang mas sebutkan,.. kayaknya kalau saya untuk hal seperti ini langsung saja ke bengkel nih hehehhee

Darma Wajah 17 Juni 2014 14.31

Terima kasih sudah mampir sob. Kadang perlu sedikit kenekatan try & error buat nambahin ilmu dan cari solusi. Asal siap nanggung resikonya.

ds Global 8 Mei 2016 02.31

cara update biosnya share dong gan

nina aysiana runny 22 Juli 2017 00.53

PERIKANAN DAN KELAUTAN
PENYULUH PERIKANAN
KOMUNITAS PERIKANAN
SANG PEMIMPIN
PETERNAKAN
PERJALANAN HIDUP
AUTO_PENYO

Posting Komentar

Terima kasih telah mengunjungi blog ini. Tulis komentar dan saran dengan bijak, bersama kita menebar manfaat dan kebaikan.