Blogger Link

26 Apr 2015

Modul Akuntansi Perusahaan Dagang

Setelah mempelajari akuntansi pada perusahaan jasa, kita bisa lanjutkan mempelajari akuntansi perusahaan dagang. Modul ini sebenarnya sudah lama disusun saat masih mengajar di sekolah lanjutan tingkat atas dan juga disampaikan pada kegiatan tambahan di sekolah tinggi. Adapun yang di upload di blog ini telah mengalami sedikit modifikasi.
akuntansi dagang

Sebagaimana kita ketahui, kegiatan usaha perusahaan dagang adalah membeli dan menjual barang (goods) tanpa mengubah bentuk kepada masyarakat atau konsumen. Contoh; toko, dealer, butik, departement  store, swalayan.

Pada perusahaan jasa setiap transaksi yang terjadi akan dicatat pada jurnal umum, sedangkan pada perusahaan dagang dikarenakan terdapat transaksi yang sejenis dan sering terjadi maka akan dicatat dalam jurnal khusus.

Jurnal khusus terdiri dari:
1. Jurnal Pembelian, yakni khusus mencatat transaksi pembelian barang atau lainnya secara kredit.
2. Jurnal pengeluaran kas, yakni mencatat pengeluaran uang atau transaksi yang mengakibatkan kas perusahaan berkurang, seperti; bayar ongkos, pembelian tunai, bayar hutang.
3. Jurnal Penjualan, yakni khusus mencatat transaksi penjualan barang atau lainnya secara kredit.
4. Jurnal penerimaan kas, yakni mencatat penerimaan uang atau transaksi yang mengakibatkan kas perusahaan  bertambah, seperti; setoran modal secara tunai, menerima pinjaman, penjualan tunai.

Modul akuntansi perusahaan dagang dapat di download disini mediafire.
Saran dan kritiknya diharapkan dengan mengunjungi page Facebook belajar bareng.




2 komentar

Rudy Sahrudi 13 Oktober 2016 04.04

Ass...Gan modul akuntansi perusahaan dagang ada ekstrak filenya ? klo ada boleh saya minta sedot soft cofy nya...? trims sebelumnya...Wassalam..

nina aysiana runny 22 Juli 2017 00.52

PERIKANAN DAN KELAUTAN
PENYULUH PERIKANAN
KOMUNITAS PERIKANAN
SANG PEMIMPIN
PETERNAKAN
PERJALANAN HIDUP
AUTO_PENYO

Posting Komentar

Terima kasih telah mengunjungi blog ini. Tulis komentar dan saran dengan bijak, bersama kita menebar manfaat dan kebaikan.